Tuesday, January 5, 2016

Abortus pada wanita hamil


Kehamilan merupakan proses yang sangat diidamkan oleh setiap pasangan yang sudah menikah, karna dengan terjadinya proses kehamilan merupakan awal mula hidupnya seorang janin kecil calon generasi penerus kita, tetapi kadang kala kebahagian itu dapat hilang apabila ibu hamil mengalami abotus.
Abortus adalah pengeluaran hasil konsepsi sebelum janin dapat hidup di luar kandungan dengan berat janin di bawah 500 gram dan usia kehamilan kurang dari 20 minggu.

Abortus yang terjadi pada ibu hamil dapat terjadi karena tiga penyebap berdasarkan alasan terjadinya, yaitu :
  1. Abortus Spontan
  2. Abortus Buatan
  3. Abortus Terapeutik
Klasifikasi abortus adalah :
  1. Abortus Imminens
    Abortus imminens ialah peristiwa terjadinya perdarahan dari uterus pada kehamilan sebelum 20 minggu, dimana hasil konsepsi masih dalam uterus, dan tanpa adanya dilatasi serviks.
  2. Abortus Insipien
    Abortus insipiens ialah peristiwa perdarahan uterus pada kehamilan sebelum 20 minggu dengan adanya dilatasi serviks uteri yang meningkat, tetapi hasil konsepsi masih dalam uterus.
  3. Abortus Incompletus
    Abortus incompletus ialah pengeluaran sebagian hasil konsepsi pada kehamilan sebelum 20 minggu dengan masih ada sisa tertinggal dalam uterus. Perdarahan pada abortus incompletus dapat banyak sekali, sehingga menyebabkan syok dan perdarahan tidak akan berhenti sebelum sisa hasil konsepsi dikeluarkan.
  4. Abortus Completus
    Pada abortus completus semua hasil konsepsi sudah dikeluarkan.
  5. Abortus Servikalis
    Pada abortus servikalis keluarnya hasil konsepsi dari uterus dihalangi oleh ostium uteri eksternum yang tidak membuka, sehingga semuanya terkumpul dalam kanalis servikalis dan serviks uteri menjadi besar.
  6. Missed Abortion
    Missed abortion ialah kematian janin berusia sebelum 20 minggu, tetapi janin mati itu tidak dikeluarkan selama 8 minggu atau lebih.
  7. Abortus Habitualis
    Abortus habitualis ialah abortus spontan yg terjadi 3kali atau lebih berturut-turut.
    Pada umumnya penderita tidak sukar menjadi hamil, tetapi kehamilannya berakhir sebelum 28 minggu.
  8. Abortus Infeksiosus dan Abortus Septik
    Abortus infeksiosus ialah abortus yg disertai infeksi pada genetalia, sedang abortus septik ialah abortus infeksiosus berat disertai penyebaran kuman atau toksin ke dalam peredaran darah atau peritoneum.
Penyebap terjadinya abortus :
  1. Kelainan pertumbuhan hasil konsepsi
    Kelainan pertumbuhan hasil konsepsi dapat menyebabkan kematian janin atau cacat. Faktor-faktor yang menyebabkan kelainan pertumbuhan ialah : Kelainan kromososm (trisomi ,poliploidi dan kemungkinan kelainan kromosom sex).
  2. Lingkungan pada uterus kurang sempurna (adanya gangguan endometrium).Pengaruh dari luar (radiasi, virus, obat-obatan tertentu atau teratogen).
  3. Kelainan dari plasenta
    Endarteritis dapat terjadi dalam vilikhorialis dan menyebabkan oksigenasi plasenta terganggu, sehingga dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan kematian janin
  4. Penyakit ibu
    Penyakit mendadak seperti pneumonia, tifus abdominalis, pienonefritis, malaria dll, dapat menyebabkan abortus, toksin, bakteri, virus atau plasmodiumdapat melalui plasenta masuk ke janin, sehingga menyebabkan kematian janin.
  5. Kelainan traktus genitalis
    Contohnya : mioma uteri dan serviks incompeten
Cara pencegahan abortus adalah :
  1. Rajin melakukan pemeriksaan kehamilan, baik Pra kehamilan maupun setelah ibu positif hamil, pemeriksaan Pra kehamilan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebap terjadinya abortus, sehingga ibu dapat mengatasi dan mengantisipasi penyakit yang dapat diakibatkannya. Sedangkan pemeriksaan setelah positif hamil agar ibu dapat langsung menjegah faktor yang dapat menyebapkan abortus.
  2. Asupan gizi sangat mempengaruhi kualitas kesehatan ibu hamil, kehamilan maupun janin yang dikandungnya, Sehingga asupan gizi sangat harus diperhatikan,  khususnya zat-zat gizi yang penting untuk membantu mempersiapkan kehamilan dan membantu proses tumbuh-kembang janin kelak. Misalnya, memenuhi kebutuhan asupan asam folat sebanyak 400 mikrogram setiap hari.
  3. Terapkan gaya hidup sehat, misalnya dengan melakukan olahraga secara teratur, dan memenuhi kebutuhan tubuh Anda untuk istirahat (jangan terlalu lelah).
  4. Keguguran pastinya ditandai dengan adanya pendarahan, baik dengan jumlah banyak maupun sedikit. Maka dari itu setiap ibu hamil disarankan, jika mengalami pendarahan sedikit atau banyak harus segera menghubungi dokter agar segera bisa ditangani. Biasanya dokter akan melakukan usaha pencegahan agar janin tidak keluar. Cara yang dilakukan yang pertama biasanya dengan meminta si calon Ibu melakukan istirahat total (Bed Rest), Agar lebih maksimal juga disertakan obat-obatan. Kemudian juga dilakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui / memastikan apakah janin masih ada atau sudah gugur.

0 comments:

Post a Comment