Tuesday, January 26, 2016

Gizi Seimbang Bagi wanita Hamil

Kesehatan adalah suatu hal dalam kehidupan yang dapat membuat seseorang bahagia. Pada kehamilan terjadi perubahan fisik dan mental yang bersifat alami dimana para calon ibu harus sehat dan mempunyai kecukupan gizi sebelum dan setelah hamil.
Kebutuhan nutrien meningkat selama hamil. kebutuhan gizi yangharus meningkat tersebut antara lain Kabohidrat, protein,lemak,vitamin,mineral dan air. Banyak mitos mengatakan ibu hamil harus makan dua kali lebih banyak dari sebelum hamil, padahal makan berdua bukan berarti makan dua kali lebih byk tetapi makan dengan porsi seimbang antara jumlah dan mutu.
Selama hamil, calon ibu memerlukan lebih banyak zat-zat gizi dibandingkan dengan  wanita yang tidak hamil, karena makanan ibu hamil dibutuhkan untuk dirinya dan janin yang dikandungnya, bila makanan ibu terbatas janin akan tetap menyerap persediaan makanan ibu sehingga ibu menjadi kurus, lemah, pucat, gigi rusak, rambut rontok dan lain-lain. Sehingga dibutuhkan asupan gizi seimbang untuk mengatasi permasalahan akibat kekurangan gizi pada ibu hamil dan meningkatkan kesehatan ibu hamil dan kualitas kehamilan tersebut, kebutuhan gizi ibu hamil tersebut adalah :
Kalori
Tambahan energi perhari untuk wanita hamil kurang lebih 285 kalori. kebutuhan  Kalori meningkat karena peningkatan laju metabolik basal dan karena penambahan berat badan meningkat jumlah kalori yg dibakar selama aktivitas.
Protein 
Ibu hamil membutuhkan protein lebih banyak dari biasanya. Menurut Widyakarya Pangan dan Gizi VI 2004 menganjurkan penambahan 17 gr/hr. Bahan pangan yang dijadikan sumber sebaiknya 2/3 nya bernilai biologi tinggi seperti daging tak berlemak, ikan, telur, susu dan hasil olahannya. 1/3 bagian dari tumbuhan seperti tahu, tempe, dan kacang.
Asam folat
Menurut Widyakarya Pangan dan Gizi VI 2004 menganjurkan mengkonsumsi as. Folat sebesar 5 mg/kg/hr (200 mg). Bahan Makanan : hati, ikan, daging, telur, kacang kedele, brokoli, bayam, dan asparagus.
Cairan 
Jumlah cairan yg diminum plg sedikit hrs dpt menggantikan cairan yg hilang sehari. Cairan yg diminum tdk dibatasi tetapi pd org dewasa dianjurkan minum 2 liter/hari.
Prinsip gizi wanita hamil sama seperti orang normal, hanya saja ibu hamil perlu menu seimbang yaitu menu yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan tubuh, Bedanya porsi makanan ditambah dari biasanya, agar dapat memenuhi semua kebutuhan pertumbuhan anak yang dikandungnya, Contoh menu makanan ibu hamil
Makan pagi
Nasi 150 gram = 1 gelas
Telur 60 gram = 1 butir
Tempe 50 gram = 2 potong
Sayuran 50 gram = 1/2 gelas
Minyak 5 gram = 1/2 sendok makan
Susu 200 cc = 1 gelas
Pukul 10 : bubur kacang hijau 1 gelas
Makan siang/sore
Nasi 200 gram = 1 1/2 gelas
Ikan 50 gram = 1 potong
Tempe 50 gram = 2 potong
Sayuran 100 gram = 1 gelas
Pepaya 100 gram = 1 potong
Minyak 10 gram = 1 sendok makan
Pukul 16.00 : susu 1 gelas
Status kesehatan ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kesehatan ibu, janin yang dikandungnya, kehamilannya maupun proses persalinan yang akan dijalani ibu, Pengaruh status gizi pada kehamilan adalah :
  1. Terhadap Ibu
    Dapat menyebabkan resiko & komplikasi pd ibu antara lain : anemia, perdarahan, berat badan ibu tidak bertambah secara normal dan terkena penyakit infeksi.  
  2. Terhadap Persalinan
    Dapat mengakibatkan persalinan sulit & lama, persalinan sebelum waktunya (prematur), pendarahan setlh persalinan, serta persalinan dgn operasi cendrung meningkat.
  3. Terhadap Janin
    Dapat mempengaruhi proses pertumbuhan janin & dpt menimbulkan keguguran, abortus, bayi lahir mati, kematian neonatal, cacat bawaan, anemia pd bayi, asfiksia intra partum, BBLR, dan terhambatnya pertumbuhan otak janin.
Faktor yang mempengaruhi gizi ibu hamil
  1. Umur
    Lebih muda umur seorang wanita yg hamil, maka akan lebih byk energi yg diperlukan untuk meneyimbangkan asupan gizi. karena pada usia muda ibu hamil juga masih membutuhkan asupan gizi yang banyak untuk melengkapi proses pertumbuhan dan perkembangannya, ditambah dengan proses kehamilan itu sendiri, berbeda dengan wanita yang hamil pada usia yang sudah matang atau siap untuk menghadapi proses redproduksi atau sering disebut dengan usia redproduksi aktif.
  2. Berat Badan
    Berat badan  yang lebih ataupun kurang dr pd BB rata-rata untuk umur tertentu merupakan faktor untuk menentukan jumlah zat makanan yang harus diberikan agar kehamilannya berjalan lancar.
  3. Suhu lingkungan
    Suhu tubuh dipertahankan pd 36,5 – 37‘ c untuk metabolisme yg optimum. Dengan adanya perbedaan suhu antara tubuh dengan lingkunganya, maka tubuh melepaskan sebagian panasnya yang harus diganti dengan hasil metabolisme tubuh. Maka lebih besar perbedaan suhu tubuh dan lingkungan berarti llebih besar pula masukan energi yang diperlukan. 
  4. Aktivitas
    Setiap aktivitas memerlukan energi, makin banyak aktivitas yang dilakukan makin banyak energi yang diperlukan tubuh.
  5. Status kesehatan
    Pada kondisi sakit asupan energi tidak boleh dilupakan. Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi tablet yg mengandung zat besi atau makanan yang mengandung zat besi seperti hati, bayam dan sebagainya.
Kenaikan berat badan Kenaikan BB selama hamil harus memadai dan seimbang serta bertambah sesuai dengan umur kehamilan. Mutu kenaikan berat badan ibu lebih penting dari besarnya kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan ibu baik bila digunakan untuk kebutuhan pertumbuhan anak.
Ibu hamil mengalami kenaikan berat badan sebanyak 10 – 12 kg
 Trimester I ---------- < 1 kg
 Trimester II ---------- ± 3 kg
 Trimester III ---------- 6 kg

0 comments:

Post a Comment