Thursday, January 28, 2016

Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil

Menunggu kelahiran buah hati merupakan moment yang sangat membahagiakan, namun kadang juga dapat menimbulkan rasa lelah, baik secara fisik maupun psikologis, oleh sebap itu ibu hamil harus tetap menjaga kebugaran dan kesehatan fiik maupun psikologi dengan cara rajin atau teratur melakukan olah raga, tentunya olah raga yang aman bagi kesehatan ibu, kehamilannya maupun janin yang dikandungnya. Olah raga tersebut dapat dilakukan dengan melakukan yoga.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin beryoga  menunjukkan resiko lebih rendah dalam hal kelahiran premature dibandingkan yang hanya berjalan kaki (14% banding 29%), dan lebih cenderung tidak harus melakukan operasi Cesar (23% banding 33%). Rata-rata, para ibu yang beryoga juga memiliki tekanan darah lebih rendah dan perkembangan janinnya lebih sehat.

Yoga merupakan gerakan yang relatif aman dilakukan ibu hamil. Yoga untuk ibu hamil dapat dilakkan sejak trimester I kehamilan. Gerakan yoga sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil baik kesehatan fisik maupun psikologi ibu hamil yang tentunya sangat bermanfaat untuk proses kehamilan dan persalinan yang akan dihadapi ibu , Yoga untuk ibu hamil juga sangat bermanfaat   untuk ibu hamil. Berikut beberapa manfaat gerakan Yoga untuk ibu hamil.
  1. Yoga juga membuat ibu hamil lebih rileks, dimana kondisi ibu hamil yang rileks ini sangat baik untuk pertumbuhan janin. Perlu dihindari, ketika kita mengalami stress, tubuh mengeluarkan hormon kortisol yang dapat mengganggu pertumbuhan janin.
  2. Melancarkan peredaran darah ibu hamil, dan menyehatkan janin sehingga pasokan oksigen untuk janin menjadi lebih banyak.
  3. Membantu pembakaran kalori, sehingga kenaikan berat badan selama hamil terjaga baik.
  4. Menguatkan otot, memperbaiki postur tubuh, menyehatkan organ pencernaan sehingga zat gizi dapat diserap optimal.
  5. Melatih pernapasan ibu hamil. Bunda akan terbiasa melakukan berbagai variasi pernafasan seperti napas pendek dan cepat, serta panjang dan dalam. Latihan napas panjang dan dalam bisa menenangkan bunda menahan rasa sakit saat melakukan persalinan.
  6. Menguatkan otot panggul ibu hamil, agar menjadi lebih kuat dan elastis. Sirkulasi darah di sekitar daerah panggul juga lebih lancar, sehingga memudahkan bunda melakukan persalinan secara normal.
Walau gerakan yoga aman untuk dilakukan oleh ibu hamildalam melakukannya ibu hamil juga harus tetap memperhatikan beberapa hal. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:
  1. Cari kelas-kelas yoga yang cocok dan nyaman untuk ibu hamil 
  2. Konsultasi dengan dokter Anda sebelum berlatih, dan jika perlu, minta rekomendasi untuk jenis latihan yang bisa Anda ikuti.
  3. Pastikan tiap kelas yang Anda ikuti menawarkan gerakan modifikasi sesuai kondisi, pelajaran relaksasi, teknik meditasi serta pernapasan.
Contoh gerakan yoga yang dapat dilakukan ibu hamil adalah :

1. Gerakan Yoga dengan bersila. 

Dimulai dengan duduk bersila arahkan tangan kanan dan tangan kiri pada sisi tubuh anda, luruskan siku dan telapak tangan sehingga menempel di lantai. Atur nafas anda berulang kali. Setelah itu anda dapat menambah gerakan dengan mengangkat kedua tangan dari samping tubuh ke arah kepala sebari menarik napas. Turunkan tangan secara perlahan ke bagian depan tubuh.


2. Gerakan Yoga Merangkak
Gerakan yoga ke-2 bermanfaat untuk melepaskan ketegangan, menguatkan rahim, meringankan beban perut, dan menghilangkan pegal-pegal di tubuh.
Posisi merangkak dengan posisi siku tangan lurus, arahkan pandangan anda ke depan dengan kepala yang terangkat dan punggung anda sejajar. Tarik napas secara perlahan, lengkungkan punggung ke arah dalam, lalu tarik napas kembali  secara perlahan sambil kembali meluruskan punggung ke posisi semula. Lakukan gerakan ini berulang dalam hitungan. Selain melatih otot rahim dan panggul, pre-natal yoga juga berguna menunjang perkembangan janin serta mempersiapkan tubuh untuk proses persalinan.

3.  Gerakan Yoga dengan Telentang/ Berbaring
Ambil posisi berbaring, kedua kaki Anda menempel di dinding, dan kedua tangan di samping badan dengan telapak tangan membuka. Yoga jenis ini dirancang khusus untuk ibu hamil. Tariklah nafas seiring mengangkat panggul dari lantai atau kasur. Hembuskan nafas sambil menurunkan kembali kedua kaki. Gerakan yoga terlentang ini bermanfaat untuk mencegah varises di kaki, menghilangkan kelelahan dan pegal di kaki akibat pertambahan berat badan selama hamil, juga memberikan rasa rileks pada tubuh Anda.
Anda dapat melakukan gerakan ini dengan berbaring sehingga kedua kaki menumpu ke dinding. Posisikan kedua tangan di samping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke atas tubuh. Rilexkan seluruh tubuh anda dengan memejamkan mata, tarik napas perlahan.

0 comments:

Post a Comment