Sunday, January 3, 2016

Tips Melahirkan Dengan Baik Serta Persiapan Persalinan

Semua wanita yang kini sedang menjalani kehamilan dan pasti akan menjalani proses persalinan, pasti ada kebingungan mengenai apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan demi menyambut buah hati. Baik persiapan mental maupun persiapan detail lainnya. berbagai macam pertanyaan akan muncul dibenak ibu tentang bagaimana cara melahirkan dengan baik serta persiapan persalinan
Semakin dekat usia kehamilan dengan waktu proses persalinan, maka makin banyak persiapan yang perlu dilakukan ibu dan terkadang membuat bingung para ibu baru. Agar proses melahirkan lancar, ada baiknya ibu mencari tau tentang hal tersebut  dan memahami kemudian  mendokumentasikan  apa yang akan dibutuhkan dan dipersiapkan.Hal tersebut antara lain adalah :

  1. Persiapkan rumah sakit dan dokter
    Pemilihan dokter akan memengaruhi pilihan rumah sakit Ibu karena Ibu umumnya hanya dapat memilih rumah sakit tempat dokter Ibu praktik. Oleh karena itu Ibu perlu banyak mencari informasi, seperti apakah dokter Ibu praktik di rumah sakit lain, apakah peraturan dan suasana rumah sakit tersebut cocok dengan Ibu, kemudian yang juga perlu Ibu pikirkan adalah jarak rumah Ibu ke rumah sakit tersebut.
  2. Barang yang perlu dibawa
    Ketika kehamilan mencapai 7 bulan, ibu harus sudah mempersiapkan perlengkapan ibu dan bayi yang akan dibawa ketempat ibu akan menjalani peroses persalinan.
    a. Isi tas ibu
    - Baju tidur dengan kancing di depan (untuk menyusui) dan baju untuk pulang
    - Pakaian dalam, bra menyusui dan breast pad.
    - Gurita atau korset, dan alat pompa ASI
    - Pembalut khusus setelah melahirkan.
    - Keperluan mandi dan make up seperlunya.
    - Bahan bacaan atau mp3 player untuk teman pengusir bosan.
    - Kartu rumah sakit, ponsel dan daftar nomor telepon penting.
    b. Isi tas Bayi
    - Popok kain, atau popok sekali pakai ukuran newborn.
    - Baju, celana, dan topi bayi.
    - Kaus kaki, sarung tangan, dan selimut
    - Kain gendong bayi
  3. Pilihan Cara-cara Melahirkan
    Cara melahirkan dapat ibu diskusikan dengan petugas kesehatan yang ibu percaya untuk menolong persalinan ibu nantinya,  dengan  memperhatikan kondisi kesehatan ibu dan janin yang dikandung sehingga proses melahirkan dapat berjalan lancar dan keselamatan Ibu dan bayi dapat terjaga. Berikut ini adalah beberapa pilihan cara melahirkan.
    - Melahirkan normal
    - Operasi caesar
    - Water birth
  4. Pentingnya Suami Yang Bersiaga Dan  Menyiapkan Diri Dan Mental Untuk Proses Melahirkan
    Peran suami sangat penting untuk mendukung mental istri dalam menjalani proses persalinan, dukungan suami akan memberi kekuatan dan semangat istri dalam menjalani segala proses persiapan persalinan dan menajalani persalinan yang akan dihadapinya.

0 comments:

Post a Comment