Sunday, January 3, 2016

Tandem Nursing Pada Ibu Menyusui

Tandem nursing atau sering dikenal dengan Nursing While Pregnant  merupakan suatu tindakan yang dilakukan seorang ibu menyusui dengan menyusui lebih dari satu orang anak, atau dengan kata lain ibu menyusui bayi dengan tetap menyusui kakak nya yang belum genap dua tahun atau si kakak belum siap untuk disapih.
Keputusan untuk melakukan tandem nursing biasanya telah ditetapkan ibu selama ibu masih mengandung bayi, dengan cara tetap menyusui kakaknya walau ibu sedang mengandung.

Dalam membuat keputusan tersebut, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan seorang Lactation Consultant (IBCLC) agar tandem nursing yang dilakukan ibu, aman untuk ibu, janin yang dikandungnya dan proses kehamilan yang sedang dijalankan ibu.
Pertanyaan akan muncul ketika ibu menjalankan tandem nursing, "apakah Asi ku cukup untuk kedua anakku?", dalam hal ini ibu tidak usah kuatir, karena asi tercipta sesuai dengan prinsip supply nd demand. Asi akan tercipta sesuai dengan kebutuhan yang dihubungankan dengan stimulasi isapan puting susu ibu oleh bayi, jadi semakin sering payudara terstimulasi oleh mulut bayi atau oleh pompa asi, maka akan semakin banyak produksi asi.
Beberapa tips yang dapat memantu ibu dalam melakukan tandem nursing adalah :
  1. Ibu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi dan dengan porsi extra, karena menyusui dua anak akan menyebapkan ibu lebih cepat lapar dan haus
  2. Istirahat yang cukup
  3. Jika harus menyusui dalam waktu yang bersamaan, posisikan si bayi terlebih dahulu dengan posisi dan pelekatan yang baik, baru kemudian ajak si kakak untuk bergabung tanpa mengganggu si adik.
  4. Saat menyusu bersama-sama seperti ini, jangan lupa manfaatkan momen untuk mengkomunikasikan kepada si kakak tentang aspek-aspek berbagi dan saling menyayangi
Hal yang penting untuk ibu perhatikan adalah bagaimana kesehatan ibu dan kehamilan, karna apabila kehamilan ibu mengalami komplikasi, tandem nursing tidak dapat dilakukan, keuntungan dan kekurangan tandem nursing juga harus ibu pahami agar mampu melaksanakan tandem nursing dengan baik. kekurangan dan kelebihannya adalah :
  1. Keuntungan  tandem nursing
  2. - Kakak dapat mendapat asupan Asi sampai usia dua tahun
    - Manfaat asi akan dapat terus dinikmati kakak
    - Tandem nursing dapat mengurangi rasa iri kakak terhadap adiknya
    - Si kakak dapat membantu memecahkan permasalahan menyusui.
  3. Kekurangan  tandem nursing
  4. -  Rasa lelah yang tinggi pada ibu
    - Ibu akan cepat merasakan lapar dan haus
Setelah ibu paham akan keuntungan dan kelebihan tandem nursing, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika seorang ibu ingin tetap menyusui selama hamil, antara lain:
  1. Janin dinyatakan dalam keadaan sehat oleh dokter atau bidan
  2. Tidak pernah mengalami keguguran
  3. Tidak pernah mengalami pendarahan selama masa kehamilan terdahulu, apalagi yang memerlukan bed-rest
  4. Tidak pernah mengalami kelahiran premature

0 comments:

Post a Comment